Minggu, 01 April 2012

Sains dalam Al-Quran (Part 1)


’ARSY
Memang banyak istilah `ARSY tersebut dalam Alquran. Dia berartikan :

a. Yang didirikan, yang dibangun seperti bangunan di zaman Sulaiman tersebut pada ayat 27/38, bangunan di zaman Yusuf tersebut pada ayat 12/100, atau bangunan yang ada di Palestina dulu-nya tersebut pada ayat 2/259. Lebih jelas lagi pada ayat 7/137 di mana dinyatakan ‘Arsy itu berarti bangunan yang dibangun oleh Fir’aun.

2/259.
Atau seperti (Uzair) orang yang berjalan pada suatu negeri(Palestina) yang telah rubuh bangunan-bangunanya. Dia berkata: betapa Allah menghidupkan(negeri) ini sesu dah matinya? Lalu Allah mematikan seratus tahun (musim) kemudian membangkitkan kembali. DIA katakan: “Berapa lama engkau tinggal(disini)?. Dia berkata:”Aku telah di sini sehari atau setengah hari.” DIA berkata: “Bahkan engkau telah tinggal seratus tahun musim, maka perhatikanlah makananmu yang belum membusuk. Dan perhatikanlah hemarmu agar KAMI jadikan engkau pertanda bagi manusia. Lihatlah tulang-tulang itu betapa KAMI menggerakkannya, kemudian KAMI bungkus dia dengan daging. “Ketika sudah terang baginya, dia berkata: “Tahulah bahwa ALLAH menentukan atas tiap sesuatu.”

7/137.
Dan Kami wariskan pada kaum(Bani Israil) tertindas itu timur-timur dan barat-barat nya yang KAMI berkati padanya (pyramid kuno). Selesailah Kalimat terbaik TUHAN-mu atas Bani Israil karena mereka tabah, dan KAMI binasakan yang dibikin Firaun serta kaumnya dan apa yang mereka telah bangun.

12/100.
Dan dia (yusuf) mengangkatkan ibu bapaknya keatas bangunan (istana). Dan mereka (semua keluarga itu) rebah bersujud untuknya. Dan dia (Yusuf) berkata: wahai ayahku, inilah pengertian mimpiku dulu, sungguh Tuhanku menjadikannya logis, dan sungguh DIA berbuat padaku ketika DIA keluarkan aku dari penjara dan mendatangkan kamu dari dusun setelah setan mengganggu antara aku dan antara saudara-saudaraku. Bahwa Tuhanku itu peramah untuk apa-apa yang DIA kehendaki, bahwa DIA itu mengetahui bijaksana.

27/38.
Dia (sulaiman) berkata: wahai masyarakat, siapa dari kamu yang dapat mendatangkan padaku bangunannya (raja perempuan itu) sebelum mereka (kaumnya) datang padaku sebagai orang Muslim?


Niyaz Khalil
Harapan dari Seorang Sahabat

0 komentar:

Posting Komentar

 
;