Minggu, 01 April 2012

Sains dalam Al-Quran (Part 2)


b. ‘ARSY juga berarti semesta raya atau universe karena dia dibangun atau didirikan oleh Pencipta Esa. Ayat tentang itu banyak sekali,di antara lain ayat 11/7, 7/54, 40/6, 39/75 dan 69/17

Semua benda angkasa dinamakan semesta raya atau ‘Arsy, termasuk di dalamnya bintang-bintang, planet-planet, bulan-bulan(satelites), Comet dan apa yang di antaranya. Semua benda itu dibangun oleh ALLAH sebagai yang dimaksud ayat 11/7. Semesta raya disusun begitu rupa terdiri dari jutaan bimasakti (galaxies). Masing-masing bimasakti terdiri dari jutaan bintang yang setiapnya dikitari oleh planet-planet yang umumnya dikitari oleh bulan-bulan. Satu bintang dengan beberapa planet dan bulannya dinamakan tatasurya atau solar system.


7/54.
Bahwa TUHAN-mu ialah ALLAH yang menciptakan planet-planet dan Bumi dalam enam hari (6.000 tahun) kemudian berada atas semesta. DIA tutupkan malam pada siang yang memintanya (mengiringnya) bergantian, begitu pula Surya dan Bulan serta bintang-bintang. Semuanya diedarkan dengan perintah-NYA. Apa tidakkah kepunyaan-NYA penciptaan dan perintah itu? Maha berkah ALLAH TUHAN seluruh manusia.

11/7.
Dan DIAlah yang menciptakan planet-planet dan Bumi dalam enam hari (6.000 tahun) dan adalah semesta-NYA atas Hydrogen, untuk mengujimu tentang siapa dari kamu yang lebih baik perbuatannya. Dan jika engkau katakan bahwa: kamu adalah orang-orang kafir itu: bahwa ini hanyalah sihir (pesona) yang nyata.


Galaxy

Istilah bimasakti atau galaxy mulanya dipakai oleh ahli-ahli angkasa dan baru jadi populer pada abad 14 Hijryah, utamanya setelah tersiarnya teori Relativisme Einstein. Dengan teori itu orang menetapkan bahwa untuk menilai luasnya semesta raya maka galaxilah yang menjadi ukuran. Para ahli angkasa mengirakan bahwa jarak antara satu galaxy dari lainnya sejauh ribuan tahun gerak sinar yang satu detiknya ditaksir sekitar 186.000 mil atau 300.000 kilometer. Demikian jauhnya hingga setiap galaxy itu kelihatan sebagai sebuah bintang saja. Jika waktu malam kelihatan satu bintang maka belum tentu dia benar-benar satu bintang tetapi mungkin terdiri dari jutaan bintang yang tersebab jauhnya tampak sebagai titik saja. Kalau benar dia satu bintang maka bintang itu termasuk susunan galaxy yang kita diami ini dan tidak mungkin kita akan dapat melihat satu bintang dari galaxy lain.

Kalau dilihat dengan teleskop, maka galaxy-galaxy itu berbentuk dan berwarna yang berbeda-beda disebabkan posisi dan jaraknya juga berbeda. Kalau dari samping, dia kelihatan ceper berupa cakram, tetapi dari depan rupanya berbentuk spiral yang berputar disumbunya bagaikan roda. Jari-jari roda itu dinamakan orang dengan bintang susu atau milky way dan jarak di antara jari-jari itu dinamakan halo.

Galaxy yang demikian oleh Alquran disebut BURUJ dinyatakan pada Ayat 25/61 dan 85/1, dan istimewa lagi pada ayat 15/16 di mana dinyatakan bahwa semesta raya ini dihiasi dengan galaxy-galaxy bagi orang yang memandang. Alquran tidak memberikan keterangan apa-apa lagi tentang galaxy lain itu karena sangat jauhnya dan tidak bersangkut paut dengan kehidupan dalam tatasurya kita baik di bidang capaian maupun ilmu pengetahuan. Para ahli telah sama sepakat bahwa galaxy lain tidak mungkin didatangi atau dihubungi maupun dengan alat radio yang gelombangnya berfrekwensi sangat tinggi.

15/16.
Dan sesungguhnya KAMI jadikan di angkasa (semesta) itu galaxy-galaxy (bimasakti-bimasakti) dan KAMI hiaskan dia untuk orang-orang yang memandang.

25/61.
Maha berkat DIA yang menjadikan di angkasa (semesta raya) itu bimasakti-bimasakti dan DIA jadikan padanya pelita-pelita dan bulan-bulan yang menerangi.

85/1.
Demi angkasa (semesta) yang mempunyai bimasakti-bimasakti.


Sama’

Arti sebenarnya dari SAMA’ adalah angkasa, tetapi Alquran memberikan berbagai pengertian tentang istilah itu tergantung pada maksud ayat masing-masing. Sesudah diteliti, didapatlah empat macam pengertian :

a. sama’ berati atmosfir yang melingkupi setiap planet. Dari Sama’ itu turun hujan, termuat pada ayat 2/22,2/59, 2/144, 5/112, 6/35, 6/99, 6/125, 7/96, 11/44, 13/17, 14/32,15/14, 15/22 dan banyak ayat lainnya.

2/22.
(DIAlah) yang menjadikan untukmu Bumi itu dengan tetumbuhan yang bertumbuh dan angkasa (tatasurya) air lalu DIA turunkan dari angkasa (astmosfir) air lalu DIA keluarkan dengannya buah-buahan sebagai rezki untukmu, maka janganlah jadikan bagi ALLAH suatu bandingan dan kamu mengetahui.

2/59.
Maka orang-orang zalim mengganti perkataan dengan yang tidak dikatakan pada mereka, lalu KAMI turunkan atas orang-orang zalim itu bencana dari angkasa (atmosfir) tersebab mereka berbuat fasik.

2/144.
Sungguh KAMI melihat bolak-balik wajahmu pada angkasa (atmosfir) lalu KAMI palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram. Dan dimanapun kamu berada maka palingkanlah wajahmu ke arahnya. Dan bahwa orang-orang yang didatangkan Kitab tentu mengetahui bahwa hal itu logis dari Tuhan mereka, dan tidaklah ALLAH mengabaikan apa-apa yang mereka kerjakan.

b. Sama’ berarti tatasurya yang terdiri dari satu bintang yang dikitari oleh planet-planet, termaktub pada ayat 2/29, 16/79, 25/25, 29/22, 32/5, 41/11, 41/12, 51/7, 52/9, 55/7, 55/37, 69/16, 70/8, 73/18, dan 82/1.

2/29.
DIAlah yang menciptakan untukmu apa-apa yang di Bumi ini semuanya, kemudian menyelesaikan angkasa (tatasurya) lalu menyempurnakan tujuh planet (di atas orbit Bumi), dan DIA mengetahui tiap sesuatu.

16/79.
Apa tidakkah mereka memperhatikan benda-benda melayang yang diedarkan pada kekosongan angkasa (tatasurya), tiada yang menahan mereka kecuali ALLAH, bahwa pada yang demikian itu adalah pertanda-pertanda bagi kaum yang beriman.

25/25.
Dan pada hari terpecah angkasa (tatasurya) ini dengan bencana besar, (dengan kedatangan Comet) dan diturunkanlah malekat dengan urusan turunnya.

29/22.
Dan tidaklah kamu dapat berlepas diri di Bumi ini begitupun di angkasa (tatasurya) ini, dan tiadalah bagimu selain ALLAH jadi pimpinan begitupun penolong.

c. Sama’ berarti benda angkasa yang datang menimpa, termaktub pada ayat 6/6, 11/52 dan 71/11.

6/6.
Apa tidakah mereka perhatikan berapa banyaknya generasi sebelum mereka, yang telah KAMI binasakan, KAMI tempatkan mereka di Bumi yan tidak KAMI tempatkan untukmu, dan KAMI kirim atas mereka (benda) angkasa beriringan (yaitu Comet) dan KAMI jadikan Siang-siang bergerak di bawah mereka (waktu itu orang hidup di utara Bumi), lalu KAMI binasakan mereka dengan sebab-sebab dosa mereka dan KAMI wujudkan sesudah mereka generasi yang lain.

11/52.
Dan hai kaumku, minta ampunlah pada TUHAN-mu, kemudian bertobatlah kepada-NYA, DIA kirim atasmu (benda-benda) angkasa beriringan, dan DIA tambah kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah berpaling selaku orang-orang berdosa.

d. Sama’ berarti semesta raya sebagai `Arsy, termakktub pada ayat 3/5, 10/61, 21/104, 22/70, 25/61, 37/6, 38/27, 41/12, 44/10, 50/6, 67/5, 67/16, 79/27, 84/1, 85/1, 86/1, 86/11.

3/5.
Bahwa ALLAH itu tiada yang tersembunyi atasNYA sesuatu juga yang di Bumi ini begitu pula yang di angkasa (semesta).

10/61.
Dan tidaklah engkau dalam suatu kesibukan, dan tidaklah engkau menganalisa sesuatu dari Alquran, dan tidaklah kamu melakukan suatu perbuatan, kecuali KAMI ada atas kamu sebagai penyaksi ketika kamu mencurahkan (perhatian) padanya. Dan tiada yang luput dari TUHAN-mu walaupun seberat atom di Bumi begitu pula di semesta ini, dan tiada yang lebih kecil dan tiada yang lebih besar, kecuali semuanya ada dalam ketetapan yang nyata.

21/104.
(Yaitu) pada Hari KAMI putarkan angkasa (tatasurya)ini seperti putaran radiasi untuk ketetapan-ketetapan (dalam penciptaan benda-benda angkasa), sebagaimana KAMI mulai ciptaan pertama, KAMI ulangi lagi, sebagai janji atas KAMI, bahwa KAMI melakukannya.

22/70.
Tidakkah engkau ketahui bahwa ALLAH itu mengetahui apa-apa yang ada di angkasa (semesta) dan yang ada di Bumi ini? Bahwa yang demikian itu ada dalam ketetapan, bahwa hal itu mudah saja atas ALLAH.

Untuk berbagai pengertian demikian itu tidaklah tepat jika semua istilah Sama’ diartikan dengan langit.

2/147.
Yang logis itu (datang) dari Tuhanmu, maka janganlah termasuk orang-orang yang ragu.


Niyaz Khalil
Harapan dari Seorang Sahabat

0 komentar:

Posting Komentar

 
;